Kamis, 09 Agustus 2007

Kekuatan Mimpi

Kekuatan Mimpi

Oleh: Dr Iken Lubis

 

 “Jika seorang yakin atas mimpi-mimpinya (cita-citanya), dan berupaya untuk menjalani hidup seperti yang dia bayangkan, sukses akan datang tanpa disangka-sangka” - Henry David Thoreau.

 

Renungan kali ini, saya mulai dengan sebuah kalimat yang begitu populer dari Henry David Thoreau. Sepotong kalimat sederhana tersebut terkesan terlalu meremehkan kerasnya kehidupan. Apakah sesederhana itu seseorang akan mencapai kesuksesan yang dia bayangkan ? Tentu tidak ... Diperlukan kerja keras dan keinginan yang kuat untuk mewujudkannya.

 

Rekan, saya teringat kata-kata saorang sahabat beberapa tahun lalu ... ”Ah ... boro-boro nabung, untuk sehari-hari aja nggak pernah cukup ... ” demikian ujarnya. Saat itu saya bertanya kepada sahabat ini, ”Apa sebenarnya yang kau tuju dalam hidupmu ? Apa yang ingin kau capai?”. Dengan lugu dia menjawab ”Saya ingin memiliki sebuah rumah dimana saya bisa hidup bahagia dengan keluarga saya. Saya ingin bersama isteri tercinta membesarkan anak-anak kami nantinya ...”. Sungguh ... suatu pengakuan yang tulus … “Tapi apa mungkin saya mewujudkannya ...” lanjutnya dengan nada putus asa. Saat itu, saya menyarankan dia untuk membuka sebuah rekening tabungan tanpa kartu ATM. Lalu setiap bulan dia harus mau menyisihkan 100 – 200 ribu rupiah dari gaji nya. ”Potonglah biaya kenakalan mu. Pasti suatu saat kau dapat membeli rumah.” Pembicaraan kami berakhir disitu. Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan hingga tahun berganti tahun, ”obrolan pepesan kosong” tersebut menguap tak berbekas.

 

Harus saya akui, saya pun sebenarnya sudah lupa tentang obrolan tersebut. Beberapa hari lalu, sekitar 2 dua tahun setelah obrolan pepesan kosong tersebut, saya sedikit terperanjat bercampur bangga ... sahabat saya menyampaikan bahwa dia telah berhasil mengumpulkan sejumlah uang untuk dijadikan ”Uang Muka” pembelian sepetak rumah dengan dua kamar tidur walau lokasinya masih sedikit diluar Jakarta ... ”Saya bisa mengumpulkan uang karena saya membuka rekening tabungan tanpa kartu ATM” jawabnya saat saya tanya bagaimana dia bisa mengumpulkan uang, ”Seperti saran Dokter ...” lanjutnya. Tersentak, haru, bangga dan bahagia seakan menyatu dalam diri. ”Ternyata, terlepas dari sikapnya yang sedikit urakan dan konyol, tekad orang ini untuk mewujudkan mimpinya perlu diacungkan jempol ...” ujar saya dalam hati dengan sedikit tersenyum.

 

Rekan, apa yang ingin saya sampaikan disini adalah salah satu bukti bahwa keyakinan kita terhadap ”mimpi” kita dengan disertai kerja keras dan keinginan yang kuat memang bisa membuahkan kesuksesan tanpa disangka-sangka. Akan celaka jika kita buta akan kemampuan kita untuk meraih ”mimpi” kita. Sebagaimana yang disampaikan oleh Helen Keller : ”Adalah suatu hal yang buruk jika kita menjadi buta, tapi adalah suatu hal yang lebih buruk jika kita memiliki mata namun tidak bisa melihat”. Terkadang mata kita dibutakan oleh rasa frustasi ... rasa kalah sebelum bertanding ...

 

Tidak ada komentar: